Superplankton on Blog!: Ini Tentang LKMO 8
Salam Admin!
Ikuti Blog Ini !
Daripada cuman jadi pengagum rahasia. Update-an Blog akan dikirim Langsung ke Dashboardmu!
Lihat Profil Lengkap Ku
Tanyakan Apa Saja!
C-BOX (Baca: Ceboks)
Admin


Kamu pengunjung ke:
Ini Tentang LKMO 8
Kisah di balik LKMO 8. Hari ketiga, 21 Juni 2009.
"Sidang saya skorsing hingga pukul 15.30"
*tok - tok*
Dialog salah seorang rekan SC, Bhaim menunda jalannya kegiatan di ruang materi untuk memberi kesempatan pada peserta menunaikan ibadah shalat Ashar. Peserta pun berhamburan. Tinggal kami, para Steering Committee yang ada di ruang kelasku sewaktu masih kelas 3 itu.
"Datang mie pematerinya ?" tanyaku
"Belum pie, Kak" jawab Yusron agak santai.
"Sudah dihubungi kah ?" tanya ku lagi "Kemarin datang jie toh ?!"
"Iya, Kak. Sudah mie. Tapi ndak diangkat. Ndak tau kenapa?!"
"Trus siapa yang bisa gantikan kih?!"
"Ada Kak Sheri, bisa jie kayaknya"
Perasaan ku agak tenang
"Kak Sheri sudah tau ?!" tanya ku memastikan
Orang yang dibicarakan pun datang dengan stelan hitam-hitam
"Kak Sher, bisa bawa Manajemen Kepanitiaan? Ndak datang ki pematerinya"
Kak Sheri diam sebentar
"Saya ngambil Proposal Project, Dek. Kalian mie saja yang ambil alih"
Jawaban di luar dugaan
Para peserta pun sudah mulai berdatangan, sedangkan pemateri yang dihubungi belum lagi muncul. Suasana sedikit tegang.
"Gini saja, kita mo yang ambil alih pae'." Kak Ais coba menenangkan
"Peserta jangan disuruh masuk dulu, Dek!" pinta ku pada panitia yang ada di ruangan
Tim Steering saling memandang.
"Coba tampilkan dulu TIK - TIU - nya!" usul salah seorang dari kami
Rahmat dengan sangat operatif menampilkan catatan rahasia Steering Committee.
"Tujuannya gini-gini-gini" Kak Ais menjelaskan dengan cepat namun jelas
"Kita bagi mie!"
"Siapa yang bisa ambil definisi, tujuan, sama fungsi kepanitiaan?!"
Tidak ada yang merespon
"Saya bisa ambil analisis SWOT, Kak !"
Aku menawarkan diri
"Okeh, trus siapa yang ngambil metode POAC ?!"
Kelik yang sedari tadi berdiri tenang di sampingku turut menawarkan diri.
Meski di luar dugaan dan dengan persiapan yang seadanya (baca: tidak ada). Hanya mengandalkan pengalaman dan ingatan. Bagusnya, saya dan Kelik memiliki ingatan yang cukup kuat. Soal pengalaman, aku jelas kalah jauh darinya. Apalagi dibandingkan dengan sang Pemateri yang sudah disiapkan sebelumnya. Jelas kami kalah sangat jauh. Saya dan Kelik akhirnya saling meyakinkan diri masing-masing untuk terlibat dalam masalh ini.
"Ada slide materinya, Kak ?!"
"Ndak ada. Jangan mie. Sudah ndak sempat. Panggil peserta sekarang !"
Jam di Nokia 6030 ku sudah menunjukkan pukul 16.07.
Berarti tinggal kurang dari lima puluh menit waktu yang kita punya.
"Okeh, saya punya dua puluh menit untuk SWOT, selanjutnya akan saya serahkan pada Kelik. Biar dia punya waktu lebih. Materinya sedikit lebih rumit." aku membatin
Kami bertiga, Saya, Kelik, dan Bhaim bersiap di posisi masing-masing.
Skorsing sidang dicabut, sudah terlambat untuk mundur. Kuraih microphone lalu berdiri. Selanjutnya dapat kau bayangkan sendiri. Bagian tersulitnya adalah, memegang tanggungjawab sebagai pemateri untuk menyampaikan ilmu kepada peserta dengan persiapan seadanya, dan tentunya memikirkan agar peserta antusias, dan tidak merasa bosan.
Kuakhiri SWOT dengan "Ada pertanyaan?!"
Diam
Gawat ! Jangan-jangan peserta sama sekali tidak mengerti dengan apa yang saya bawakan.
"Apakah saya sudah menjelaskan dengan cukup jelas?!"
"IYA !!!" jawab mereka serempak dengan semangat. Aku sedikit lega. Selanjutnya kuserahkan mic pada Kelik untuk melanjutkan.
Angket respon peserta pun dibagikan, lalu dikumpulkan kembali.
Saya dan Kelik saling membandingkan hasil respon.
Rata-rata dari mereka merespon
Penguasaan Materi : Sangat Baik
Pembawaan Materi : Sangat Baik
Penampilan : Sangat Baik
Komunikasi dengan Peserta : Baik
Penggunaan alat bantu: Kurang - Cukup
Saya dan Kelik hanya tersenyum.
Melalui note ini, saya ingin mengucapkan terima kasih atas profesionalisme para rekan-rekan SC, Bhaim selaku pimpinan sidang dan moderator, dan Kelik yang telah menemani saya. Maaf juga untuk Ilha dan Rahmat yang sudah menjadi korban saya.
"SLAMAT PAGI !"
Satu lagi postingan keren oleh Andis Mahmud @ 21.44   0 Komentar
Buka/Tutup Komentar
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
Daftar Isi
Teman Blogging
Kosmik Blogger
Arsip
Sponsor