Superplankton on Blog!: Perempuan Dalam Bingkai Kamera
Salam Admin!
Ikuti Blog Ini !
Daripada cuman jadi pengagum rahasia. Update-an Blog akan dikirim Langsung ke Dashboardmu!
Lihat Profil Lengkap Ku
Tanyakan Apa Saja!
C-BOX (Baca: Ceboks)
Admin


Kamu pengunjung ke:
Perempuan Dalam Bingkai Kamera

Ada banyak hal yang bisa diabadikan dengan kamera. Kesenangan, kesedihan. Sebuah foto adalah sebuah lukisan cahaya. Saya hendak membahas sedikit saja tentang foto, dengan objek: Perempuan. Pernah suatu ketika saya dan seorang kawan membahas peranan seorang perempuan dalam sebuah "gambar cahaya".




Foto memang menjadi sebuah representasi dari objeknya. Kita bisa membentuk image yang kita inginkan. Contoh, saya bisa menggambarkan Tyar sebagai orang yang cool dengan memasang foto yang agak kalem. Begitupun kita semua. KIta bisa menggambarkan bahkan menipu "penikmat" foto kita tergantung kemauan kita. Sepakat?!
Berfoto adalah hak, dan tentu saja sebuah "kenikmatan" bagi "penikmatnya". Berfoto adalah "ekspresi", Kawan!
Namun satu hal yang perlu diingat, hak asasi manusia itu berbatas. Bisa saja foto kita yang kita anggap biasa saja ternyata sangat mengganggu bagi orang lain. Mari mempersempit topik: Foto cewek, ehm. Perempuan yang agak "minim" pakaian tentu saja sangat mengganggu penglihatan kaum lelaki. Sebagai lelaki, kadang bahkan sering saya merasakan seperti itu. Bisa saja memang, kita tidak bermaksud membuat foto kita sebagai objek yang *slurrpp* (tidak lulus sensor). Tapi kembali lagi: Citra foto juga ditentukan oleh pikiran dan interpretasi yang melihat fotonya.

Foto Sebagai sebuah Ekspresi


Berkembang pesatnya jejaring sosial serupa Facebook dan fitur album fotonya menjadi hal yang menarik bagi kita. "Sebuah tempat untuk berekspresi". Banyak orang, Teman, yang mengunggah foto "minim" pakaian entah untuk tujuan apa: Mungkin ketenaran dan menarik banyak orang untuk berkenalan dengannya. Parah juga melihat perempuan berjilbab di dunia nyata yang melepas jilbab dan *pakaian*nya yang lain demi ini. Mencari jodoh, Teman?! Jodoh yang seperti apa?! Mencari teman?! Teman yang seperti apa?! Tidak lain cuma lelaki hidung belang mata kerangjang bibir dower telinga bisulan. Motifnya gak bakal jauh-jauh dari *ranjang* (ups).. Memang, dalam dunia fotografi dikenali *nude fotografi* dengan perempuan telanjang sebagai objeknya. Tapi Saya tidak hendak berbicara soal seni. Ini hanya tentang pendapat.
Parahnya, kebanyakan pelaku fotonya adalah anak putih biru dan putih abu-abuan. Kalo putih merah sih saya belum dapat. Wajar jika angka *keperawanan* di negeri ini semakin merosot seiring nilai rupiah.
"Kalau menurut survei BKKBN Sulsel mengatakan 65 persen remaja di Sulsel sudah melakukan. Selain itu, kami telah melakukan survei sendiri terhadap 100 orang sampel remaja di Makassar dengan menggunakan metode acak. Hasilnya mereka mengatakan sudah tidak virgin lagi dengan beberapa alasan," ujar Direktur Metpo Management Akbar Amir MPd kepada Tribun
Aneh memang. Hanya tidak sepadan dengan niatan awal yang sekedar ingin berbagi foto dengan teman-teman dunia maya malah berubah seiring dengan interpretasi dari "sang penikmat foto". Jejaring sosial sudah seperti "Galeri Cewek Cantik Seksi Tinggal Pilih".
Terakhir untuk kekhawatiran dengan Kamera dan Indonesia:

Ingat! Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi juga karena ada objek fantasinya!

Satu lagi postingan keren oleh Andis Mahmud @ 04.50   0 Komentar
Buka/Tutup Komentar
0 Comments:
Poskan Komentar
<< Home
 
Daftar Isi
Teman Blogging
Kosmik Blogger
Arsip
Sponsor