Superplankton on Blog!: Facebook Mendekatkan Kita Atau Hanya Membuat Kita Semakin Jauh?!
Salam Admin!
Ikuti Blog Ini !
Daripada cuman jadi pengagum rahasia. Update-an Blog akan dikirim Langsung ke Dashboardmu!
Lihat Profil Lengkap Ku
Tanyakan Apa Saja!
C-BOX (Baca: Ceboks)
Admin


Kamu pengunjung ke:
Facebook Mendekatkan Kita Atau Hanya Membuat Kita Semakin Jauh?!
Facebook helps you connect and share with the people in your life.
Facebook dan segala fiturnya tidak dipungkiri membuatnya lebih bagus dan menarik dibanding jejaring sosial lain. Hal yang kita rasakan sama-sama. Semenjak ada Facebook, interaksi dunia maya menjadi sangat mudah dan menarik untuk dilakukan. Iya tidak?! Saling Nge-tag di foto, notes, bahkan status membuat kita sepertinya "terikat dan terjaring" di dalamnya. Hal yang membuat Facebook menjadi sangat-sangat menyenangkan. Namun pertanyaannya kemudian, apakah Facebook benar-benar "mengkoneksi"-kan kita?!
Mari kita ambil contoh kecil.
Teman-teman mungkin sudah tau atau kenal dengan seseorang bernama Andis Ichsan Mahmud, atau Saya. Iya, saya adalah contoh kecilnya. Apakah teman-teman mengenal saya?! Kita sering saling bercerita bahkan mencela, bahkan mungkin saling sakit hati berkat Facebook. Saya juga sering berbagi foto dan catatan, seperti sekarang ini. Sekedar berbagi dan sedikit banyak akan meninggalkan kesan tentang saya di kepala teman-teman. Setidaknya akan ada sedikit bayangan tentang kepribadian saya seperti apa lewat wall-to-wall, foto, dan fitur hingga aplikasi lain yang sering sekali meng-koneksikan kita.
Nah, mari masuk ke poinnya. Tau tidak siapa itu Andis Ichsan Mahmud?!
Andis yang sering ngupdate status alay, norak, dan sebagainya gak lebih dari boneka yang saya dandani sedemikian rupa, saya gambarkan sesempurna mungkin biar kalian tertarik. Iya, Andis cuman boneka yang saya dandani lalu saya yang asli bersembunyi di belakangnya. Jadi, segala sesuatu yang kalian lihat dalam "Andis" mungkin hanya sebagian kecil sekali dari Tyar yang asli. Banyak sedikit cuman kebohongan yang samar sekali.
Ini yang saya maksud, saya meminta Andis untuk mencitrakan segala hal yang baik-baik tentang saya dan tak ayal saya lah yang mendapatkan keuntungannya. Nah, dalam hal lain seperti halnya media jejaring sosial lain, interaksi kita lebih sering dalam bentuk verbal tertulis. Itu berarti kita gampang sekali saling membohongi, dan kita gampang sekali percaya. Beda kalau kita bertemu muka dan saling bercerita, kita bisa saling menatap ekspresi. Kita bisa saling tertawa kalau ada yang lucu, kita bisa saling menguatkan jika satu dari kita ada yang tersakiti. Kita bisa saling bergenggaman tangan, saling memukul jika jengkel, bisa saling berbagi minuman dan makanan kecil, atau sesekali saling bersandar. Lewat bahasa verbal tertulis terlalu banyak kemungkinan untuk salah paham dan saling membohongi
Okeh, kita langkahi bagian ini. Beberapa dari kita sudah bertemu di dunia maya sejak zaman Friendster, ratusan kali kita saling bercerita di FS, FB, YM, dan sebagainya tapi hanya beberapa kali kita saling bertemu di dunia nyata. Iya tidak?! Bahkan sebagaimana akrabnya kita facebook hingga saling cela, ketika kita bertemu di dunia nyata, kita cuman saling diam. Mungkin kita pernah bertemu di luar sana tapi tidak saling menyapa lantaran memang kita tak pernah saling kenal wajah. Iya, pasti pernah. Jadi, bisakah disimpulkan bahwa kita saling mengenal atau tidak?! Alasannya sederhana sekali, kita selalu ingin tampil sempurna, benar?! Wajar sekali jika kita mencitrakan diri kita sebagai orang yang sangat hangat dan menarik di FB. Sekali lagi, ini bukan Tyar, ini cuman boneka bernama Andis.
Okeh, hal yang mungkin paling menarik adalah ini profil kita!. Kita berhak berekspresi. Kita berhak menjadi diri sendiri, jadi kembali lagi, diri kita yang di dalam sini atau di luar sana.
Siapakah saya sebenarnya, Andis atau orang di depan monitor, yang sering dipanggil Tyar itu?! Kalau ingin mengenal Andis, silahkan sering-sering kontakan di Facebook. Andis orang yang sangat menyenangkan. Jauh beda sama Tyar. Tapi kalau mau kenal dengan Tyar, mari kita saling menyapa dan saling berjabat tangan, duduk berdampingan lalu bercerita tentang apapun.


 
 
===============
Referensi:
Ngalur Ngidul bareng Kak Himas
Own-Mind

===============
Satu lagi postingan keren oleh Andis Mahmud @ 04.42   4 Komentar
Buka/Tutup Komentar
4 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
Daftar Isi
Teman Blogging
Kosmik Blogger
Arsip
Sponsor